Cari Blog Ini

Memuat...

Rabu, 11 Agustus 2010

Kesenian dan Kebudayaan Kebumen

Kesenian dan kebudayaan adalah hal yang menarik bagi para wisatawan. Kesenian dan kebudayaan yang unik membuat para wisatawan ingin berkunjung ke tempat pemilik kesenian dan kebudayaan tersebut. Kebumen memiliki seni dan budaya yang perlu dipandang karena kekhasannya yang dimiliki, misalnya tari Lawet. Tarian ini adalah tarian khas Kebumen yang menggambarkan perjalanan burung lawet sepanjang harinya. Kota Kebumen adalah kota lawet dengan lambang burung lawet yang dihuni oleh beribu-ribu burung lawet. Burung lawet sangat bermanfaat bagi kesehatan. Air liur burung ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Oleh karena itu harga air liur burung ini cukup memeras kantong. Banyak para wirausahawan yang sukses memanfaatkan manfaat air liur burung ini.
Seni dan budaya Kebumen yang khas lainnya adalah sate Ambal, lanting, anyaman pandan dan batik tulis. Sate Ambal adalah sate ayam yang berasal dari Ambal Kecamatan Ambal. Bukan sate ayam pada umumnya, sate ini memiliki cita rasa yang khas pada bumbunya yang dibuat dari tempe dengan rasa manis. Jenis makanan khas Kebumen ini sangat diminati dan harganya pun cukup bersaing.
Lanting adalah makanan khas Kebumen yang dibuat dari ketela pohon. Bentuknya yang seperti angka 8 ini sangat gurih. Biasanya makanan ini disanding sebagai cemilan penyerta kopi atau teh. Tadinya lanting dibuat hanya dalam satu rasa saja. Tapi sekarang lanting sudah dibuat dalam berbagai rasa; ada rasa balado, rasa asin, rasa pedas, rasa coklat, rasa strawbery, dan lain-lain. Kenikmatan rasa makanan ini sudah tersebar ke berbagai kota di Indonesia dan lanting adalah makanan yang membuat orang kecanduan dengan cita rasanya yang nikmat dan khas.

Tidak ada komentar: